Tentang Sistem, Pemerintahan, dan Indonesia, Semoga Bermanfaat, Aamiin

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada hari bersejarah Bangsa Indonesia, inilah teks proklamasi yang dibaca oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Para pejuang di Indonesia berusaha untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia tanpa bantuan/pemberian kemerdekaan dari Jepang. Sempat terjadi perdebatan antara golongan tua yang berpendapat menunggu situasi dulu dan golongan muda yang menginginkan kemerdekaan Indonesia harus segera diproklamasikan tanpa menunggu Komando dari pihak Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok
Golongan Muda yang telah terbakar semangat membuat gerakan dengan membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal ini untuk mencegah Mereka dipengaruhi oleh Jepang agar menunda proklamasi kemerdekaan. Golongan muda meyakinkan kepada Golongan Tua bahwa Jepang telah benar-benar menyerah kepada Sekutu. Setelah bermusyawarah akhirnya disepakati Proklamasi akan di lakukan di Jakarta, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta.

Pagi harinya di Rumah Ir. Sokarno kemerdekaan Indonesia di proklamirkan oleh Ir.Soekarno






naskah proklamasi otentik

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Ayo Bergabung dengan teman-teman di Google + Sekarang Juga...

Masukan Email Anda untuk memperoleh artikel bermanfaat lainnya:

Pembaca Cerdas, Silakan tinggalkan jejak komentar anda..

Copyright © 2013. Sistem Pemerintahan Indonesia - All Rights Reserved | Template Created by Demokrasi Pancasila Proudly powered by Blogger